Tips Sukses OSCE

Posted by Ucup Rabu, 15 Agustus 2012 0 komentar
Oke guys, gue mau sekedar sharing mengenai tips apa aja yang bisa membantu kamu semua lulus dari ujian OSCE (Objective Structured Clinical Examination). Semoga tipsnya bermanfaat yaaa!

Tips No1: Hafal Checklist Luar Kepala!
Ini kayaknya the basic thing to do kalau mau lulus OSCE ya haha. Ini penting banget! Lupakan mengenai semua text book pemeriksaan fisik yang kalian punya. Gunakan buku itu saat latihan saja, tapi ketika ujian, hafalkan checklist sampai hafal di luar kepala. Setelah checklist sudah hafal banget, barulah kalian bisa lirik-lirik textbook, kayak Bate's misalnya (gue cuma punya itu haha). Ketika nanti kalian ujian, kegugupan akan menyelimuti dari ujung rambut sampai bulu kaki. Nah, dengan menghafal checklist berkali-kali kalian akan lebih siap mengerjakannya dibandingkan jika nanti kalian masih harus mengingat-ingat karena lupa sana-sini.

Tips No2: Jangan Minum Kopi!
Nih ya, gak usah minum kopi aja pasti udah palpitasi (deg-degan), gimana kalau ditambah kopi? Soalnya gue pernah lagi gugup-gugupnya trus sok-sokan minum kopi.... alhasil mual baget. Tapi kalau kalian udah biasa sih yaa gpp.

Tips No3: Jangan Terburu-buru!!!!
Nih dia!! kesalahan yang banyak banget dilakukan orang-orang (termasuk gue! biasanya di pos2 pertama -__-"). Masuk ruangan, senyum, sapa dokternya sambil perkenalan, baca soal, dannn tenang dulu! gak usah langsung loncat ke phantom atau langsung pegang-pegang pasien, TENANGkan dirimu dulu. Tarik napas yang panjaaangg, make sure kalian udah baca soal yang bener! ini lebih konyol lagi kalau kalian enggak lulus gara-gara salah soal -__-". Kalau di FKUI waktu yang diberikan itu 15 menit, lumayan lama kan? Nah gunakan waktu itu secara optimal, ngapain juga cepet-cepet kalau ternyata banyak yang kelupaan. Nah biasanya nih, kalau kita selesai tindakan cepet banget, ada dokter yang nanya-nanya gitu! kalau kita bisa jawab sih gak apa2, tapi kalau gak bisa? ada dokter yang cuek pas kita enggak bisa jawab tapi ada juga yang komentar pedas dan bikin kita makin gugup! So intinya jangan terburu2 dan jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah pemeriksaan!

Tips No4: Ramah!
Plis, ini juga penting! walaupun penilaian OSCE itu berdasarkan checklist, tapi mengambil hati fasil juga mempengaruhi penilaian doi lho! Tersenyumlah ketika masuk dan perkenalan diri terlebih dahulu. Jangan bersikap seperti robot ya, nanti dokternya mengira kalian nyuekin dia. Walaupun emang fasil enggak boleh ngomong ke mahasiswa tapi bukan berarti kita enggak beramah-tamah ya. Nah satu lagi keuntungan kalau kita bisa mengambil hati fasil/penguji, kali aja ada step-step yang kita kelewatan dan dengan baiknya fasil bisa ingetin kita, nah berguna banget kann!

Tips No5: Latihan Simulasi
Ini juga penting! mungkin kalian bisa baca checklist dan hafal semuanya, tapi kalau enggak latihan untuk mempraktikkannya bisa-bisa kita salah pas nanti ujian. Selalu luangkan waktu untuk latihan simulasi OSCE dan lebih baik lagi kalau latihannya bersama teman, jadi bisa saling mengingatkan. Tapi jangan keramean ya :') yang ada ngobrol dan malah enggak semua kebagian nyoba.

hmm apa lagi ya? mungkin untuk sekarang segitu dulu aja yaaa. OH IYA LUPA (gak nyantai nih), jangan lupa Minta Restu mamapapa dan Berdoa! haha ini paling penting yaaa!! mungkin hangatan pelukan teman, rangkulan manja pacar, atau mungkin segelas teh hangat tidak bisa menenangkan kalian, tapi semoga restu orang tua dan pertolongan Tuhan bisa membuat kalian tenang dan sukses ujian haha aminnnn 0:) (aseeekk bahasanya!)


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips Sukses OSCE
Ditulis oleh Ucup
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://meandmeds.blogspot.com/2012/08/tips-sukses-osce.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of Me and Meds. Untuk SEO lebih lanjut kunjungi Trik SEO terbaru.