Hai Jalanan Jakarta

Posted by Ucup Jumat, 03 Agustus 2012 0 komentar
Ok, gue post ini dalam keadaan sedikit gusar dengan kondisi jalanan di Jakarta! jadi ceritanya gue baru pulang dari kampus sekitar jam 7an. Gue pulang sore karena nungguin ade gue yang lagi ada acara buka puasa dekanat yang mengundang maba. Kondisi jalanan udah enggak terlalu macet, ramai lancar lah. Tapi yang membuat jalanan tambah keras adalah jumlah sepeda motor yang udah enggak normal.

Sekarang coba tebak berapa jumlah sepeda motor yang ada di jalanan jakarta saat ini? jawabannya adalah 9.861.451 unit! wow, bahkan lebih banyak dari jumlah penduduk Jakarta itu sendiri. Yang lebih gilanya adalah setiap hari jumlah kendaraan roda dua bertambah sebesar 1.035 unit. Jadi memang jumlahnya udah membludak dan terus membludak tiap harinya! Sebenernya enggak cuma motor, jumlah kendaraan roda empat juga enggak mau kalah, sekarang jumlahnya mencapai 2.541.351 unit!! (1)

Sebenernya gue mengerti kenapa orang-orang membeli sepeda motor. Pertama sepeda motor merupakan kendaraan bermotor yang murah dan kedua sepeda motor dianggap sebagai transportasi yang paling efektif di Jakarta karena bisa menyelip diantara kemacetan.Tapi menurut gue, yang masalah adalah enggak semua orang yang membeli sepeda motor mengerti bagaimana caranya berkendara yang baik!

Kondisi jalanan sekarang bener-bener ruwet! motor-motor selap-selip sembarangan dan kadang membahayakan. Sekalinya gue nyerempet, mau itu kesalahan gue, kesalahan doi, atau kesalahan nenek moyang gue, pasti  pihak mobil yang disalahkan. Gue seperti merasa harus "mengalah" kepada para penguasa jalan yang tampaknya merasa bahwa jalanan itu hanya milik engkau seorang.

Yang lebih parah adalah: 2 sampai 3 orang meninggal tiap harinya karena kecelakaan lalulintas dan korban meninggal ini sebagian besar adalah pengguna sepeda motor. Menurut gue hal ini sangat menghawatirkan. Dan yang paling gue sebelin adalah ngeliat bocah, yang kayaknya puber aja belom, udah ngebut-ngebutan pake sepeda motor, bahkan enggak pake helm. Parahnya lagi, doi bisa boncengin sampe 2 orang! itu bahaya banget! Gue heran kenapa ada orang tua yang mengizinkan anaknya untuk mengendarai sepeda motor tanpa mengajarkan cara berkendara yang baik. (2)

Ini no offense buat pengguna sepeda motor ya. Ini gue berbicara oknum sepeda motor yang  mampu membeli sepeda motor tapi enggak siap untuk menghormati pengguna jalan lainnya. Dan ini juga berlaku buat mobil!! Nyokap gue, kalau udah liat mobil bagus tapi nyetir enggak tau malu, doi pasti bilang: "mobil bagus tapi yang nyetir supir angkot!" no offense lagi buat para driver2 angkoets, tapi memang kalian identik dengan BBSM: Belok dan Berhenti Serba Mendadak, haha maksa.

Sebenernya yang jadi masalah lain adalah pemerinta DKI Jakarta gagal menyediakan ruas jalan yang cukup dan, ini yang paling penting menurut gue, jumlah transportasi umum yang tidak memadai. Jumlah kendaraan bermotor (mobil, motor, becak bermotor, delman bermotor, semua deh) udah enggak sebanding dengan lebar ruas jalan yang ada saat ini. Gue enggak menyalahkan orang berbondong-bondong beli sepeda motor atau mobil, kan memang hak mereka, akan tetapi kenapa semuanya numpuk di jalanan, memakai kendaraan mereka pribadi, itu karena memang transportasi umum udah enggak mampu memberikan pelayanan transportasi yang aman, nyaman, dan mencakup semua lapisan masyarakat.

Sekali lagi, gue bukan sensi sama pengguna sepeda motor. Gue cuma mau sesama pengguna jalan itu saling menghormati satu dengan yang lain. Gue juga pengguna sepeda motor kok (kalo telat ke kampus wkwkwk), tapi gue sadar bahwa gue enggak sendirian di jalanan sehingga gue bisa lebih respect sama pengguna jalan yang lain. Jadi buat seluruh bikers, patuhi peraturan lalulintas yang berlaku, ingatlah selalu untuk memakai helm SNI!! dan please, jangan serobot-serobot lampu merah, itu bahaya! Dan buat driver-driver mobil, please ini jalan raya bukan sirkuit sentul, hormati juga pengguna yang lain.

SUMBER:
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Hai Jalanan Jakarta
Ditulis oleh Ucup
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://meandmeds.blogspot.com/2012/08/hai-jalanan-jakarta.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of Me and Meds. Untuk SEO lebih lanjut kunjungi Trik SEO terbaru.