Sirkumsisi (Sunat)

Posted by Ucup Kamis, 02 Agustus 2012 0 komentar

Sirkumsisi? apaan tuhhh? Sirkum sisi merupakan oprasi kecil yang biasanya dikenal dengan sebutan "sunatan" di masyarakat. Nah, gue dulu merupakan anggota calon anggota (Caang) dari salah satu badan kemahasiswaan di FKUI yaitu Tim Bantuan Medis (TBM). TBM merupakan bidang kemahasiswaan di FKUI yang bergerak dalam bidang medis praktis dan juga kegawatdaruratan medis. Badan ini biasanya menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang "kedokteran banget" seperti sirkumsisi masal, pengobatan gratis, pelatihan kegawatdaruratan medis, tanggap bencana, dan lain-lain. Mereka juga menawarkan jasa sirkumsisi dan pengobatan masal (bayar tapi haha). Nah waktu itu gue masih jadi caang dan punya kesempatan buat ikut sirkum sisi masal di SMAN 68 (yangg deket banget sama kampus,, tinggal lompat #lebay). Waktu itu adalah pengalaman sirkumsisi gue yang pertama. Sebelumnya gue cuma dapet kuliah-kuliah mengenai sirkum, tapi kali ini gue berhadapan langsung!

Jadi, pada saat sirkum sisi, enggak semuanya megang alat bedah dan nyunat anak orang haha. Ada pembagian tugas yang masing-masing memegang peranan penting agar kegiatan sirkum masal seperti ini berjalan dengan baik. Pembagiannya adalah

  1. OP (orang yang melakukan tindakan oprasi)
  2. CO-OP (orang yang tugasnya mendampingi OP dalam proses sirkumsisi, biasanya tugasnya adalah untuk siap-siap melakukan penenkanan untuk mengurangi perdarahan)
  3. Instrumen (ini adalah orang yang bertanggung jawab untuk menyediakan segala kebutuhan alat pada saat sirkumsisi, doi juga orang yang melakukan sterilisasi pada alat-alat tersebut agar enggak menyebabkan infeksi)
Nah gue karena baru pertama kali, gue dapat kesempatan untuk menjadi instrumen dan co-op. Ikut kegiatan sirkumsisi itu menurut gue seru! karena disitu gue bisa menambah pengalaman dan bisa mengaplkasikan ilmu yang udah pernah gue pelajarin. Walaupun gue cuma jadi co-op, tapi gue seneng kok. Overall anak-anak yang mau di-sirkum enggak terlalu brontak, tapi ada beberapa anak yang bener-bener perlu tenaga ekstra untuk ngelakuinnya. Tapi prosedur untuk memulai sirkum adalah dengan kemauan si anak. jadi kalau anaknya meronta-ronta trus nagis histeris, kita enggak akan ngerjain.Soalnya kita takut membahayakan oprasi (kan kalau meronta-ronta takutnya salah gunting atau gimana) dan takutnya nanti malah pingsan karena syok.Metode sirkum yang kita gunain (dan diajarin ke gue) itu dengan 2 tahap, yaitu dorsumsisi dan kemudian sirkum sisi. Pada beberapa metode sirkum yang lain, proses dorsum enggak digunakan. 

Nih foto-fotonya (cuma dapet 2 sih haha). Sekarang gue udah enggak caang lagi (dan enggak jadi Angti juga -__-") jadi udah jarang ikut-ikut beginian haha


In the Operation Room


With Friends :)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sirkumsisi (Sunat)
Ditulis oleh Ucup
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://meandmeds.blogspot.com/2012/08/sirkumsisi-sunat.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of Me and Meds. Untuk SEO lebih lanjut kunjungi Trik SEO terbaru.