OSCE

Posted by Ucup Selasa, 14 Agustus 2012 0 komentar
OSCE!! apa itu OSCE? OSCE merupakan kepanjangan dari: Objective Structured Clinical Examination.. Hoahh apa itu? Jadi OSCE merupakan sebuah ujian atau test untuk menguji kemampuan klinis seorang mahasiswa kedokteran. Jadi ujian OSCE akan dibagi menjadi station-station, yang tiap stationnya mempunyai ujian skill yang berbeda-beda. Bagi beberapa mahasiswa kedokteran, ujian ini mempunyai tingkatan stress yang lumayan tinggi (termasuk gue!)

Di FKUI kita bakal ngejalanin 3 kali ujian OSCE. Ujian pertama ketika tingkat 1 (masih maba-maba gitu ) dimana kita akan diuji kemampuan P2K2 (Pertolongan Pertama Kegawatan & Kedaruratan). Pada ujian OSCE ini beberapa station yang muncul antara lain: BLS (Basic Life Support), Balut bidai, Ventilasi, dan lain-lain. Menurut gue, ujian OSCE P2K2 merupakan ujian awal seorang mahasiswa kedokteran untuk dapat menangani masalah kegawatdaruratan medis di lapangan. Waktu itu gue enggak terlalu gugup, jadi yaa lumayan lah, enggak terlalu banyak yang kelewat. 

Ujian OSCE kedua adalah ketika akhir tingkat 2. Ini adalah ujian OSCE yang beberapa hari kemaren gue lewati. STRESS nyaa minta ampun. Bukan karena gue enggak suka materi-materinya, tapi tekanannya jauh lebih besar dari pada OSCE P2K2 yang lalu. Semua materi KKD (Keterampilan Klinik Dasar) yang dipelajari selama tingkat 2 akan diuji. Tapi memang enggak semuanya sihh, hanya dipilih random diantara semua materi KKD. Nahh ini yang bikin deg deg degan. Dengan materi yang lumayan buanyak, kita harus bisa menghafal dan mempraktikkannya di depan fasil. Nah yang terakhir tadi juga menjadi masalah nih. Mungkin kita bisa afal semua checklist dan pedoman, tapi untuk mengerjakannya di depan seorang dokter yang kadang bikin gugup setengah mati, itu hal yang lain.

Saat-saat menunggu giliran OSCE merupakan saat-saat tergugup selama tingkat 2. Semua rasa campur aduk! kadang stress, kadang pasrah, kadang mual, kadang kebelet.. gitu deh pokoknya. Semuanya udah disiapin mulai dari jas lab yang baru dicuci, stethoscope punya kakek, dua penggaris buat pemeriksaan JVP (Jugularis Venous Pressure), dan jam tangan. Semua sih udah lengkap, tapi tetep aja enggak membuat gue berkurang gugupnya.

Dan ketika bel itu berbunyi, gue berlari-lari kecil mencari station pertama gue, B8 ternyata. Ternyata B8 adalah station istirahat. Selama 15 menit gue hanya bisa duduk manis sambil menikmati sensasi palpasi yang kuat. Gue bener-bener gugup dan berharap enggak kena serangan jantung pas denger bell tanda ganti station. KRINGGG, bel pun berbunyi dan gue melangkah ke station berikutnya. Ternyata station itu adalah pmeriksaan abdomen. "Oke, I got this" pikir gue, tapi setelah gue duduk dan dokternya berkata "yak, silahkan baca soalnya dan mulai", otak gue tiba-tiba shutting down. Perlu 3-4 kali gue baca soalnya bolak balik, enggak tau kenapa tetep masih berasa "ngawang". Akhirnya gue langsung coba periksa ke pasien yang udah nunggu dengan sabar,, eh pas baru mau ngomong, dokternya nyela.. "udah cuci tangan?".. Mampus gue.. lupa!! JEGER!! dan seketika semua ingatan tentang pemeriksaan abdomen tertelan oleh kegugupan yang tiba-tiba meningkat tajam. Akhirnya dengan kondisi pikiran dan mungkin mental yang udah agak keganggu, gue mencoba menyelesaikan pemeriksaan abdomen gue. Akhirnya gue lupa beberapa step yang harusnya gue kerjain. Gue lupa menekuk kaki pasien, bahkan gue lupa cuci tangan sehabis pemeriksaan. Selesai pemeriksaan gue cuma bisa duduk lemes dan pasrah sambil menunggu bel ganti station. Gue perhatiin dokternya dan doi cuma diem sambil nyatet, enggak bikin tambah baik sama sekali -__-"

KRINGGG bel akhirnya berbunyi dan gue pindah ke station berikutnya. Station gue berikutnya adalah pemeriksaan antropometri anak. "Oke cup, tenang lu pasti bisa!!" usaha gue untuk nenangin diri sendiri tapi kayaknya masih kalah dibandingkan dengan kegugupan gue. Gue duduk dan menyapa dokternya. Dokternya hanya senyum simpul kecil... enggak sama sekali bikin gue tambah tenang, "silahkan baca soalnya". Sama kayak tadi, gue masih ngawang pas baca soal. Semua berjalan cukup lancar, nimbang berat, mengukur tinggi/panjang badan, dan pengukuran lingkar kepala gue jalani dengan cukup lancar. Tapi pas tiba saatnya gue untuk menghitung status gizi pasien, gue tiba-tiba blank. "OH MY GOD" dalam hati gue udah berteriak-teriak.. "GUE LUPA CARA NGITUNGNYA!!" gue cuma sok-sokan ngitung sambil bolak balik liat data dan kurva CDC. Berkali-kali dokternya nanya "Gimana dok anak saya?", gue cuma jawab "Iya ibu, sebentar lagi ya, sedang saya hitung!", padahal dalam hati "Ya tuhan :''''' napa bisa lupa gue".. akhirnya gue coba ngitung dengan cara yang seadannya dan..... hasilnya 40% dong!!! (dalam penghitungan status gizi menggunankan BB/TB, hasil penghitungan dibawah 80% dianggap sebagai gizi buruk), gue bingung setengah mati, "Masa 40% sih??!!!??, ini bayi emangnya enggak dikasih makan??" gue bergumam dalam hati. Akhirnya karena dokternya udah mulai enggak sabar gue mengungkapkan hasil gue "hmm ibu, ini anaknya gizi buruk....", setelah gue bilang gitu dokternya langsung menyerengit dan cemberut, "Yakin dok gizi buruk?"... akhirnya setelah beberapa lama, gue menemukan cara menghitung yang benar dan akhirnya mengoreksi hasil penghitungan gue yang gizi buruk tadi. Gue bener-bener kacau di antropometri. Gue berharap dokternya masih kasian sama gue yang gugup setengah mati dan tetap melulus kan gue :''' aminnn

yah begitulah sekilas pengalaman OSCE tingkat 2 gue, bener-bener bikin mental keganggu. Setelah itu masih ada 6 station tersisa tapi alhamdulillah gue bisa menyelesaikan dengan cukup baik. Setelah tragedi antropometri, enggak tau kenapa kegugupan gue mulai hilang, sepertinya karena udah dilanda kepasrahan haha. Well, masih ada satu ujian OSCE yang harus gue hadapi akhir tingkat 3 nanti. Semoga bisa lebih baik dari tahun ini, aminnnnnn!!
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: OSCE
Ditulis oleh Ucup
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://meandmeds.blogspot.com/2012/08/osce.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of Me and Meds. Untuk SEO lebih lanjut kunjungi Trik SEO terbaru.